Pemanfaatan Limbah Domestik Sisa Sayuran dan Buah Di Rumah Sakit Dr. Soetomo Sebagai Eco Enzim Produk Pembesih Lantai

FKM NEWS – Sabtu, 10 Juni 2023 sebanyak 19 mahasiswa Program Studi Magister Kesehatan Lingkungan Universitas Airlangga Angkatan 2022 dan didampingi 2 dosen Pembimbing Lapangan, Ibu Dr. R. Azizah dan Ibu Lilis Sulistyorini, Ir. M.Kes, melakukan  kunjungan di RSUD Dr. Soetomo yang berlokasi di jln. mayjen Dr. Moestopo No.6-8 Airlangga Kec Gubeng Surabaya.

Kunjungan ini dilaksanakan di area Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) RSUD Dr. Soetomo. Tujuan dari pelaksanaan kunjungan lapangan kali ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas mahasiswa dengan belajar secara langsung kepada instansi terkait Pertemuan ini diawali dengan perkenalan dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan observasi lapangan oleh bapak Suhariono, ST, MM, MKL selaku Koordinator Sanitasi di RSUD Dr. Soetomo  Surabaya.

Dalam pemaparan materi tersebut dijelaskan tentang pengolahan limbah yang ada di RSUD Dr.Soetomo di mulai dari limbah domestik, limbah medis dan limbah cair serta cara pengolahan dari ke tiga jenis limbah tersebut. Selama pemaparan materi diselingi dengan sesi tanya jawab.

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang budidaya maggot dengan memnfaatkan sampah organik sebagai sumber makanan dan produk yang bisa dihasilkan salah satunya yaitu eco enzim. Eco enzim atau biasa dikenal dengan enzim ramah lingkungan, eco enzim dibuat dari residu atau   limbah   domestik  seperti   limbah sayuran   ataupun   kulit   buah   yang   banyak dibuang  oleh  masyarakat.  Enzim  ini  berupa cairan  hasil  fermentasi  bahan-bahan  alami yang  berwarna  coklat  gelap  dengan  aroma buah  yang  menyengat. Pembuatan produk ini hanya membutuhkan air dan gula aren sebagai sumber karbon,  serta  limbah  organik  sayur  dan  buah.

Berikut adalah produk eco enzim  sebagai pembersih lantai hasil karya Bapak Suhariyono, dkk

Saat ini produk eco enzim pembersih lantai masih belum didistribusikan karena masih diuji coba lebih lanjut untuk memastikan produk ini sudah layak dan aman sebelum distribusikan dan digunakan oleh masyarakat.

Penulis :  Fadel T Muhamad

Leave a Reply