Spesifikasi Prodi

DEPARTEMEN KESEHATAN LINGKUNGAN

FKM Lt. 2 Kampus C Unair Jl. Mulyorejo Telp. & Fax.: 031-5964905

Ketua : Dr. Lilis Sulistyorini, Ir., M.Kes.

Sekretaris : Kusuma Scorpia Lestari, dr., M.KM.

 

Kesehatan lingkungan merupakan salah satu cabang ilmu kesehatan masyarakat yang memberikan perhatian terhadap segala macam bentuk kehidupan, bahan dan kondisi di sekitar manusia yang memiliki potensi untuk menimbulkan gangguan yang bisa mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan serta melakukan analisis dan mencari upaya alternative pemecahan masalah.

 

Dasar keilmuan kesehatan lingkungan adalah mengidentifikasi, mengukur, menganalisis, menilai, memprediksi bahaya berbagai pajanan di lingkungan, dan melakukan pengendalian dengan tujuan mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat dan ekosistem. Ilmu kesehatan lingkungan mempelajari interaksi dinamis berbagai pajanan atau agen lingkungan (fisik, radiasi, kimia, biologi, dan perilaku) melalui wahana udara, air, limbah, makanan dan minuman, vektor dan rodent, dan manusia di lingkungan pemukiman, tempat kerja atau sekolah, tempat-tempat umum maupun perjalanan dengan risiko dampak kesehatan (kejadian penyakit) pada kelompok manusia atau masyarakat.

 

Bidang kajian yang digunakan sebagai acuan pengajaran, penelitian, dan kegiatan pengabdian pada masyarakat di Depertemen Kesehatan Lingkungan adalah :

 

  1. Undang-Undang dan peraturan
  2. Perlindungan makanan
  3. Air bersih dan air minum
  4. Limbah cair, Limbah padat, Limbah gas dan Limbah B3
  5. Bahan Berbahaya dan Beracun
  6. Vektor, rodent, hama, dan gulma
  7. Kualitas udara dan kebisingan
  8. Managemen hygiene dan sanitasi
  9. Manajemen Bencana
  10. Proteksi radiasi
  11. Kajian dampak lingkungan
  12. Pencemaran Lingkungan
  13. Biomolekuler kesehatan lingkungan
  14. Pengendalian penyakit berbasis lingkungan
  15. Toksikologi Lingkungan

 

Dosen maupun mahasiswa Departemen Kesehatan Lingkungan sering terlibat aktif dalam kegiatan seminar dan symposium yang diadakan dalam maupun luar kampus, baik lokal, nasional maupun internasional. Dalam kegiatan tersebut, selain sebagai peserta juga sebagai presenter ataupun narasumber. Departemen Kesehatan Lingkungan mempunyai agenda seminar nasional maupun internasional yang rutin yaitu International Seminar on Environmental Health (ISEH) yang telah diselenggarakan pertama kali tahun 2008, 2011, 2015, dan yang akan datang tahun 2017 serta Seminar on Environment and Health (SEHAT) yang pertama tahun 2016 dan akan diselenggrakan setiap 2 tahun.  Selain seminar yang diadakan sendiri, dosen dan mahasiswa juga mengikuti seminar/symposium/pelatihan di luar baik nasional maupun internasional. Sebagai contoh keikutsertaan dosen pada APACPH Conference (Asia-Pacific Academic Consortium for Public Health), International Conference of The Pacific Basin Consortium for Environment & Health, CEPH (Centre for Environment and Population Health) Griffith University, Queensland, Better Air Quality (BAQ), seminar yang diselenggarakan EHSA Indonesia (Environmental Health Specialist Association), HPEQ (Health Profesional Education Quality), IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia), dan PERSAKMI (Persatuan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia), International Meeting of Public Health (IMoPH).

 

Departemen Kesehatan Lingkungan mengasuh pendidikan untuk Program Sarjana Kesehatan Masyarakat dengan peminatan Kesehatan Lingkungan baik untuk mahasiswa dari SMA maupun mahasiswa alih jenis serta Program Magister Manajemen Kesehatan Lingkungan dan Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan.