Beasiswa

DAFTAR BEASISWA

LPDP

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister dan Doktoral merupakan program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi di dalam dan di luar negeri.

Sasaran Pendaftar BPI Program Magister dan Doktoral adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai kemampuan akademik yang unggul dan jiwa kepemimpinan yang kuat serta berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral pada perguruan tinggi tujuan LPDP baik pada bidang ilmu yang sama maupun berbeda dengan bidang ilmu pada jenjang pendidikan sebelumnya.

Keterangan lebih lanjut terkait beasiswa ini dapat dilihat di wesite resmi LPDP di http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/.


Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Beasiswa Unggulan berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beasiswa ini memiliki beberapa pilihan, yakni Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dan Beasiswa Unggulan Pegawai Kemdikbud. Program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi terdiri dari beasiswa Degree dan Beasiswa Bantuan Non-Degree.

Beasiswa Degree (Dalam Negeri), ditujukan kepada:

  1. Peraih medali/penghargaan olimpiade/kompetisi internasional di bidang: sains, penelitian ilmiah, keterampilan, seni, olah raga, dan bahasa yang dilaksanakan dan difasilitasi oleh Kemendikbud dan/atau oleh Lembaga llmu Pengetahuan Indonesia (LIPI);
  2. Masyarakat berprestasi tingkat nasional atau internasional di segala bidang dan umum (kecuali dosen).

Komponen beasiswa degree dapat berupa:

  1. Biaya pendidikan (Tuition fee)
  2. Biaya hidup
  3. Biaya buku

Beasiswa Bantuan Non-Degree (Pendaftaran Offline), ditujukan kepada: guru, tenaga kependidikan pada tingkat PAUD sampai dengan SMA/SMK, pegiat budaya, seniman dan pegiat sosial kecuali dosen untuk mengikuti program residensi, menjadi pembicara dalam workshop atau konferensi, utamanya bidang pendidikan dan kebudayaan.

Berikut adalah Persyaratan dan Kelengkapan Berkas Beasiswa Degree pada tahun seleksi 2017.

  1. Beasiswa Degree Dalam Negeri Jenjang S1:

Mahasiswa Baru

  1. Maksimal 22 Tahun
  2. Memiliki LoA Unconditional (akreditasi universitas minimal B)

Mahasiswa On-Going

  1. Maksimal 22 Tahun
  2. Maksimal semester 3
  3. IPK, PTN 3.00 PTS 3.25

Beasiswa degree jenjang S1 tidak diwajibkan memiliki sertifikat TOEFL/IELTS

 

  1. Beasiswa Degree Dalam Negeri Jenjang S2:

Mahasiswa Baru

  1. Maksimal 32 Tahun
  2. Memiliki LoA Unconditional (akreditasi universitas minimal B)
  3. IPK S1, PTN 3.25 PTS 3.50
  4. TOEFL ITP 500/IBT 61, IELTS 5.5

 

Mahasiswa On-Going

  1. Maksimal 32 tahun
  2. Maksimal semester 3
  3. IPK S1, PTN 3.25 PTS 3.50
  4. TOEFL ITP 500/IBT 61, IELTS 5.5

 

Beasiswa Degree Dalam Negeri Jenjang S3:

Mahasiswa Baru

  1. Maksimal 37 Tahun
  2. Memiliki LoA Unconditional (akreditasi universitas minimal B)
  3. IPK S2, PTN 3.25 PTS 3.5
  4. TOEFL ITP 500/IBT 61, IELTS 5.5

Mahasiswa On-Going 

  1. Maksimal 37 tahun
  2. Maksimal semester 3
  3. IPK S2, PTN 3.25 PTS 3.50
  4. TOEFL ITP 500/IBT 61, IELTS 5.5

 

Kelengkapan Berkas Beasiswa Degree:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Tanda Mahasiswa (khusus On-Going)
  3. LoA Unconditional (Untuk On-Goingganti dengan surat tanda aktif kuliah)
  4. Kartu Hasil Studi (KHS) terakhir (Khusus On-Going)
  5. ljazah dan transkrip nilai terakhir
  6. Sertifikat TOEFL/IELTS (TOEFL/IELTS untuk S1 tidak diwajibkan)
  7. Proposal rencana studi (rencana perkuliahan dan sks per-semester yang akan ditempuh hingga selesai studi, topik apa yang akan ditulis dalam skripsi/tesis/disertasi, deskripsikan aktivitas di luar perkuliahan yang akan dilakukan selama studi dan bagaimana implementasi hasil studi di masyarakat)
  8. Surat rekomendasi dari civitas akademik atau institusi terkait
  9. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber lain (download)
  10. Sertifikat prestasi Nasional atau lnternasional
  11. Esai menggunakan Bahasa Indonesia dengan judul: “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia” ditulis sebanyak 3-5 halaman pada kertas A4 dengan format hurufTimes New Roman ukuran huruf 12 dengan spasi 1.5 line


Keterangan lebih lanjut terkait jadwal dan pendaftaran dapat dililhat dalam halaman web resmi Beasiswa Unggulan di https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/beasiswa/beasiswa-masyarakat-berprestasi


Beasiswa PMDSU

Beasiswa program Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) merupakan beasiswa program percepatan pendidikan yang diberikan kepada lulusan Sarjana yang memenuhi kualifikasi untuk menjadi seorang Doktor dengan masa pendidikan selama 4 (empat) tahun yang dibimbing oleh Promotor handal Tanah Air. Peserta PMDSU ini dituntut untuk dapat menghasilkan minimal 2 buah publikasi hasil riset di Jurnal Internasional. Keterangan lebih lanjut beasiswa ini dapat dilihat di web http://beasiswa.dikti.go.id/pmdsu/.


Beasiswa BUDI 

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi terus berupaya untuk mendorong dan meningkatkan kuantitas dan kualitas dosen yang memiliki kualifikasi akademik minimal magister melalui beragam pendekatan. Berbagai langkah sistematis dan perbaikan berkelanjutan selalu dilaksanakan baik pada era TMPD, BPPS, BPPDN hingga BUDI pada saat ini. Dalam pelaksananaannya, program BPPDN mempunyai cakupan yang lebih luas, baik dalam jenjang pendidikan maupun penerima beasiswa. Jenjang pendidikan yang diberi beasiswa adalah magister (S2) dan doktor (S3), sedangkan penerima beasiswa diperluas dengan menyertakan dosen Perguruan Tinggi Swasta dan Politeknik. Sejumlah persyaratan tambahan diberlakukan bagi dosen calon penerima beasiswa dari ketiga kelompok perguruan tinggi tersebut.

            Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) ditujukan untuk dosen baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk jenjang studi S2 dan S3. Jenis beasiswa untuk S2 di dalam negeri adaah beasiswa BUDI-DN. Beasiswa menanggung biaya studi penuh yang ditanggung Kemenristekdikti bekerjasama LPDP.

Penjelasan lebih lanjut terkait beasiswa ini dapat dilihat di web resmi Beasiswa BUDi di http://budi.ristekdikti.go.id.