Himpunan Mahasiswa S2 Kesehatan Lingkungan telah menyelenggarakan Workshop “Pengelolaan Kesehatan Lingkungan yang Mendukung Akreditasi di Fasyankes” pada tanggal 9-10 September 2017. Dalam kegiatan ini, Hima menggandeng beberapa pakar akademisi dan praktisi yang telah bergelut dalam pengelolaan lingkungan khususnya di fasilitas pelayanan kesehatan.

          Para narasumber yang terlibat dalam workshop ini adalah Dr. R Azizah., SH., M.Kes., dosen Kesehatan Lingkungan FKM Unai dan Konsultan Lingkungan; Ir. Eddy Setiyadi, DIPL., SE., MSc., PhD, dosen Teknik Lingkungan FTSLK ITS; Prof. Dr. J Mukono, dr., MS., M.PH, Guru Besar Kesehatan Lingkungan FKM Unair; Ardi H Sudjadi, ST., M.Eng., praktisi Konsultan Air Bersih dan Air Medis Rumah Sakit; Soelis Djoko, Praktisi Linen dan Laundry Rumah Sakit, Yudied Agung Mirasa, S.KM., M.Kes, praktisi Pengendalian Vektor dan Rodent, BBTKLPP Surabaya; Abdul Chodir, S.KM., M.KL, sanitarian Ahli RSUD Dr. Soetomo. Yudied Agung Mirasa, S.KM., M.Kes dan  Abdul Chodir, S.KM., M.KL juga merupakan alumni prodi S2 Kesehatan Lingkungan Unair. Selain itu, mahasiswa juga menjadi pemateri dalam workshop ini yaitu Suhariono, ST., MM (NIM. 101614353013) yang menjadi anggota tim akreditasi RSUD Dr. Soetomo.

          Workshop ini telah berhasil menarik minat para praktisi, petugas kesehatan, dan akademisi untuk berpastisipasi. Workshop yang diikuti oleh 66 peserta yang berasal dari instansi yang bervariasi. Peserta workshop ini berasal dari RS. Nun Surabaya, RSUD Karanganyar, RSUD Bondowoso, Puskesmas Prigen Kab. Pasuruan, RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta, RS. Orthopedi Surabaya, RSUD Dr. Soetomo Surabaya, RS Aisyiyah Bojonegoro, Stikes Widyagama Malang, RSUD Cepu, RS Universitas Brawijaya Malang, RSUD dr. Darsono, Kab. Pacitan, RSUD Husada Utama, RSUD Dr R Koesma, Tuban, Puskesmas Babakan, Kota Mataram, NTB, RSI Nashrul Ummah Lamongan, Puskesmas Babakan, HAKLI NTB, FKM Universitas Airlangga, PT Mitra Hijau Indonesia, RS Muhammadiyah Lamongan, National Hospital Surabaya, FKM Universitas Jember, RSUD dr. R. Soetijono, Blora, RSU Mitra Delima Krebet Bululawan, RS Al-Irsyad Surabaya, RS Husada Utama Surabaya, RS Hati Kudus Langgur Kab. Maluku Tenggara, RS. Mata Masyarakat, Surabaya, RS Haji, Surabaya, RS Lavalette, Malang, RSU Kota Tangerang Selatan, PMI Kota Surabaya, RSU Permata, Blora, RS Baptis, Kediri, RSUD Jombang, Sekolah Vokasi UGM, RSUD Kota Tangerang, RSUD dr. Agoesdjam Kabupaten Ketapang Kalbar, RS Hermina Tangkuban Prahu, RS Adi Husada Undaan Wetan Surabaya, RSUD Kabupaten Tangerang, RSUD Kota Depok, RSUD Cibabat Kota Cimahi, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, RSUD dr. Soebandi, Kabupaten Jember, STIKES Surya Mitra Husada, Kediri, RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang, Instalasi Sanitasi RSUD dr. Adjidarmo Kab. Lebak, RSU HKBP Balinge, Juanda Surabaya dan RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya.

          Dengan diselenggarakannya kegiatan Workshop Pengelolaan Kesehatan Lingkungan yang mendukung akreditasi di fasilitas pelayanan kesehatan, peserta mampu memahami peraturan perundangan dan kebijakan program kesehatan lingkungan di fasyankes, prinsip dasar pengelolaan kesehatan lingkungan di fasyankes,  teknologi yang digunakan dalam pengelolaan kesehatan lingkungan di fasyankes, dan mempersiapkan upaya pengelolaan kesehatan lingkungan dalam rangka akreditasi di fasyankes. Adapun materi yang disajikan pada workshop ini adalah:

  1. Materi inti

a. Peraturan perundangan dan kebijakan program kesehatan lingkungan RS

b. Teknologi pengolahan limbah cair di fasyankes

c. Pengelolaan limbah B3 di fasyankes

d. Pengelolaan kualitas air bersih dan air medis di rumah sakit

e. Pengendalian vektor dan binatang pengganggu (PVBP) di rumah sakit

f. Sanitasi ruang bangun di rumah sakit

g. Peranan Sanitasi dalam pelaksanaan Akreditasi di fasyankes

     2. Materi penunjang

a. Dinamika kelompok

b. Penyusunan POA

     3. Praktek

Penyusunan Pedoman, Panduan dan SPO Kesehatan Lingkungan dalam akreditasi fasyankes. (RA)