Kurikulum merupakan “kendaraan” program studi untuk mencapai tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan. Dalam merumuskan tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan  yang dituangkan dalam kurikulum, banyak hal yang diperhatikan oleh program studi. Dalam penyusunan Kurikulum, Program Magister Program Studi Kesehatan Lingkungan Universitas Airlangga memperhatikan aturan yang berlaku. Kurikulum bersifat dinamis, selalu mengikuti perkembangan keilmuan dan tuntutan stakeholder internal dan eksternal prodi, sehingga diharapkan lulusan program studi tersebut memiliki keunggulan dibidangnya.

          Lokakarya ini dilakukan di Swiss-Bellinn Hotel, Manyar, Surabaya dengan mengundang narasumber, dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan dan program studi sejenis, yaitu program magister Program Studi Kesehatan Lingkungan FKM Universitas Diponegoro.

Lokakarya Redesign Kurikulum Program Magister Program Studi Kesehatan Lingkungan Universitas Airlangga diselenggarakan dengan tujuan untuk :

  1. Melaksanakan perbaikan kurikulum, pelaksanaan proses pembelajaran serta peningkatan kegiatan akademik program studi.
  2. Memperoleh umpan balik dari stakeholder internal dan eksternal tentang perkembangan kebutuhan kompetensi dunia kerja dan keselarasan kurikulum Program Magister Program Studi Kesehatan Lingkungan

Salah satu hasil dari lokakarya ini adalah rumusan Profil Lulusan Program Magister Program Studi Kesehatan Lingkungan, yaitu :

  1. Berperan sebagai manager dan leader pada suatu organisasi, khususnya bidang kesehatan lingkungan.
  2. Evaluasi diri dan berpandangan jauh ke depan sebagai decision marker sebagai bentuk kehati-hatian.
  3. Selalu tanggap dan peka dalam melihat kondisi lingkungan yang diiringi dengan kemampuan berkomunikasi, advokasi dan negosiasi yang handal dalam pencapaian tujuan terkait bidang kesehatan lingkungan.
  4. Tertanam jiwa yang berwawasan luas sebagai researcher akademik dan konsultan bidang kesehatan lingkungan yang mampu mengoptimalkan keilmuan dengan kolaborasi secara multidisiplin dan interdisiplin dengan berlandaskan konsep sehat produktif secara ekonomis. (RA)